RSS

Tips Memilih Power Supply

22 Nov

Power Supply adalah bagian paling vital pada sebuah PC, namun bagi orang awam sering meremehkan komponen yang satu ini dalam perakitan PC. Hampir setiap orang menginginkan spesifikasi PC yang hebat, dengan pemilihan processor terbaru, VGA dan Mainboard terbaru juga. Kadang Power Supply dilupakan. Mereka hanya memakai dari bawaan case.

Sebenarnya Power Supply adalah sebuah bagian yang paling vital untuk menyediakan daya pada sistem PC yang anda rakit. Dengan Power Supply abal-abal, PC yang kita pakai pun kerjanya tidak maksimal.

Berikut ini Tips Memilih Power Supply

1. Menentukan Besar Daya (Watt) yang anda butuhkan

Cara menentukan daya Power Supply (PSU) untuk keperluan PC yang akan dirakit. Masuk aja ke http://www.coolermaster.outervision.com/ disana akan diberikan gambaran tentang daya yang akan anda pakai pada komputer anda. Setelah keluar kalkulasi dari daya yang akan anda gunakan, jangan membeli power supply dengan daya dibawah komputer yang anda rakit. Minimal cari power supply dengan daya diatas komputer yang anda rakit.

2. Mencari Power Supply yang memiliki efisiensi peringkat tinggi

Power Supply saja dengan kondisi 80% keatas adalah kualitas baik. Dikisaran nilai 82%, sekitar 17% dari watt hilang berubah menjadi panas, oleh sebab itu, Power Supply yang berukuran 500W sebenarnya ukurannya hampir mencapai 600W (Pure Power) dan pengaruhnya terhadap ketahanan. Sebuah Power Supply yang sudah dipakai selama 1 tahun besar kemungkinan tidak mampu menghasilkan daya yang sama seperti saat pertama kali membeli. Oleh karena itu anda harus sering maintenance PC anda.

3. Ketahanan dari Power Supply

Seberapa baik Power Supply dapat menangani perubahan arus listrik? Memang bukan jaminan, ada korelasi kuat antara berat dan kualitas yang ada pada Power Supply seperti : komponen lebih besar (kapasitor) lebih toleran terhadap Power Supply handal. Perhatikan juga pada sebuah kipas pendinginnya yang berukuran 120mm yang buruk, karena tidak diberikan pendingin yang baik, komponen yang akan didinginkan harus lebih kuat.

4. Mengetahui Jumlah Rails

Ibarat rumah anda yang melayani banyak sumber daya, ini mencakup sebuah pemutus utama besar dan dibagi menjadi pemutus sirkuit yang lebih kecil. Begitu pula sebuah Power Supply berkapasitas tinggi, tentunya harus membagi output mereka menjadi beberapa sumber atau disebut dengan Rails, yang masing-masing dengan batas arus yang lebih kecil. Standar keselamatan yang relevan memerlukan batas 20A. intinya sebuah desain Power Supply dengan rails tunggal tidak merupakan tanda dari power supply berkualitas rendah, namun jika sebuah power supply yang memiliki desain rails ganda akan lebih baik.

5. Memperhatikan konektor yang dibutuhkan

Power Supply baru dibekali dengan konektor 24-pin ATX yang juga berfungsi sebagai konektor 20-pin. Biasanya motherboard lama masih menggunakan 20-pin konektor ATX, sedangkan motherboard baru sudah menggunakan 24-pin konektor ATX. Power Supply juga memberikan pin 4-a dan 8-pin konektor 12V tambahan untuk motherboard, dan hanya Power Supply yang baru memiliki satu atau lebih 6-pin konektor PCI-E untuk VGA atau kartu grafis. Untuk itu anda harus benar-benar memperhatikan konektor yang ada pada masing-masing komponen PC anda tersebut.

6. Mengutamakan Power Supply Modular

Hal ini akan menghemat ruang, utamanya jika case yang anda gunakan tidak memiliki ruang untuk manajemen kabel. Anda lebih leluasa mengatur banyaknya kabel dari power Supply menuju masing-masing komponen yang memerlukan power dan tidak ada kabel yang tersisa percuma. Sebaiknya untuk case-case besar, carilah Power Supply modular yang berkabel panjang.

Sekian tentang Tips Memilih Power Supply. Semoga memudahkan kita untuk memilih power supply yang sesuai dengan kebutuhan kita.

 
Leave a comment

Posted by on November 22, 2012 in catatan pribadi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: